Baca Bareng · BBI · Event · Review Buku

One Coin for One Star

Dear Kamu, Kamu, Kamu …

 

Pasti pada bingung deh ini postingan apaan. Sama, gue juga bingung. #plak

Ehem, karena gue nggak pinter basa-basi, langsung mulai aja ya.

Hohoho.

Kan, gue juga aktif jadi member BBI baru beberapa waktu ini. Iya, maafkan ketidakhadiran gue selama ini *sungkem* Nah, waktu itu pengen ih ikut RC gitu. Tapi aku masih maluuu, wkwkwk. Masih nggak ngerti, ih pokoknya mah anak bawang banget.

Nah, apa hubungannya sama postingan ini?

Nggak ada juga sih sebenernya.

abaikan

Oke, sekarang kita bahas One Coin for One Star.

OCOS Button

Apaan sih itu?

Pernah nggak, kalian beli buku atau e-book dengan harga yang lumayan, terpikat sama cover atau sinopsisnya, eh, ternyata … bacaan itu nggak banget? Not your cup of tea, dan ujung-ujungnya karena satu dan lain hal, kalian cuma ngasih satu atau dua bintang di-review kalian?

Atau yang terjadi justru sebaliknya.

Kalian beli buku di bagian sale sebuah online store atau toko buku. Buku lama atau ya … let’s say, bukunya baru kalian tau itu ada pas di bagian sale itu. Kalian beli buku itu dengan harga lebih miring daripada rumah miring di Dufan (?). Setelah dibaca … kalian ngasih tiga bintang atau lebih sambil bilang “KOK BISA SIH BUKU KAYAK GINI DIJUAL CUMA SEGINI???”

Err, itu tanda tanyanya emang lebay -_-

Tapi, kalian ngerti kan? Kadang uang yang kita keluarkan (dan tentu nggak sedikit, mengingat harga buku sekarang juga gila-gilaan :’D) justru terasa percuma ketika kita beli buku yang kurang tepat untuk kita.

Nah, di sinilah OCOS beraksi! #halah

Seperti namanya yang One Coin for One Star, setiap bintang yang diberikan untuk buku yang dibaca akan ada nilainya sendiri.

Misalnya:

1 bintang – Rp.1000

2 bintang – Rp.2000

3 bintang – Rp.3000

4 bintang – Rp.4000

5 bintang – Rp.5000

Buat apa sih tiap satu bintang ada harganya?

Kalau gue pribadi, lebih kepada upaya menabung aja. Hahaha. Jadi, ketika gue beli buku-dibaca-dan gue rate, gue akan tergerak untuk menabung. Karena gue adalah orang yang susah banget nabung tapi gampang banget belanja. Yeah, menabung itu banyak jalannya kan? Ehehehe.

Lagipula, coba bayangkan. Misalnya, tahun 2014 ini gue baca 80 buku. Rata-rata gue kasih rate 3 bintang karena berbagai pertimbangan. Gue nentuin standar Rp.3000 per buku. Berapa yang gue dapat? 😀

Lumayan buat beli buku di awal tahun nanti kan?

Hohoho.

Jadi, siapa yang mau gabung?

Ini dia peraturannya:

  1. Mendaftarkan diri di kolom komentar postingan ini dengan menulis Nama – [link master post OCOS di blognya]. Kalau kalian baru liat postingan ini di pertengahan tahun sekalipun dan mau ikutan, it’s okay! Tinggal ikutan aja, hohoho.
  2. Memasang button OCOS di blognya
  3. Buku yang dibaca boleh paperback/e-book, boleh juga buku pinjeman dari teman. Bebas. Tapi untuk yang diposting berkala secara online seperti di Wattpad, Widbook, atau sejenisnya, tidak diperbolehkan.
  4. Oh ya, di master post nanti, kamu tentukan juga standar koin kamu untuk setiap bintang yang nantinya kamu berikan. Bebas kok. Sesuaikan dengan kemampuan. Di sini yang diutamakan itu menabung bersamanya, bukan gede-gedean nominalnya kok. Apalagi bagi mahasiswa kayak gue :’D Hohoho. #tjurhaaat
  5. Nah, di akhir periode nanti, bikin wrap up post-nya ya. 😀 Wrap post ditunggu sampai 16 Januari 2016.

Ah, pasti di saat kalian bikin wrap post-nya, kalian udah ngitung-ngitung berapa tabungan kalian. 😀 Asyik yaa, akhir tahun bongkar celengan!

Sebagai apresiasi untuk kalian semua, gue akan milih tiga orang secara random di akhir periode OCOS ini dan ngasih hadiah hasil dari tabungan gue ini!

Apa aja hadiahnya? Akan diumumkan saat wrap post punya gue nanti. Yang pasti, bakal cetaar membahana *lalu ketawa ala Princess Syahrini*

eww.

Oke. Ini dia standar koin gue:

1 bintang – Rp.2000

2 bintang – Rp.4000

3 bintang – Rp.5000

4 bintang – Rp.8000

5 bintang – Rp.20.000

Oke, ayo bergabung! Dan mulai hargai tiap bintang yang kalian berikan untuk tiap buku yang kalian baca 😀

 

 christmas background black and white

Iklan

14 tanggapan untuk “One Coin for One Star

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s