BBI · Buntelan · Hukum · Non-Fiksi · Review 2015 · Tim Visi Yustisia · Visimedia

Review: KUHP & KUHAP – Tim Visi Yustisia

Judul: KUHP & KUHAP

Pengarang: Tim Visi Yustisia

Jumlah Halaman: 526 halaman

Terbit: 2014

Penerbit: Visimedia

Format: Paperback

Dapat bukunya dari: Dapat dari Buntelan Agromedia.

 

Blurb:

Sebagai peraturan perundang-undangan hukum pidana di Indonesia, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana memiliki peran  yang penting. Namun, penyusunan peraturan perundang-undangan ini terkadang membuat pembaca tidak mudah mengerti isi dari pasal demi pasalnya.

Buku ini hadir berbeda dibandingkan dengan buku lainnya karena disertai penjelasan proses penanganan kasus pidana di Indonesia. Disusun seprakis mungkin untuk memudahkan Anda memahaminya, juga dilengkapi sejarah hokum pidana di Indonesia dan Peraturan Perundangn-undangan terkait KUHP dan KUHAP. Penyusunan buku ini diharapkan membantu masyarakat umum, pelajar, akademisi, maupun praktisi hokum untuk memahami hukum pidana di Indonesia. Hadirnya buku ini akan menambah referensu Anda dalam bidang hukum pidana di Indonesia.

***

Akhirnya, bisa juga nulis review tentang buku ini.

Buku ini terbilang lumayan tebal ya, tapi tebalnya ini setara dengan manfaat yang bisa didapat dari buku ini.

KUHP & KUHAP merupakan salah satu buku yang gue dapet dari buntelan Agromedia-BBI. Terima kasih sebelumnya!

Saya bukan mahasiswa hukum, bukan juga orang yang dikelilingi ‘orang-orang hukum’, jadi saya benar-benar awam tentang hukum pidana dan segala macam prosedurnya. Masa iya saya mesti ngalamin terlibat dengan hukum dulu baru belajar tentang hukum?

Nah, berkat buku ini, saya jadi agak ‘melek’ tentang hukum pidana di Indonesia. Ada sedikit penjelasan dan keterengan di setiap pasalnya. Selain itu, buku ini juga memaparkan mengenai proses hukum kasus pidana umum.

Di bagian awal, kita akan melihat bagan proses hukum kasus pidana umum. Penjelasan serta bagan prosesnya dapat dipahami secara mudah. Kita jadi mengetahui, sebenarnya proses pelaporan, pengaduan, penyelidikan, penyidikan, sampai tahap penangkapan dan penahanan pun ikut dibahas dengan detail namun mudah dipahami.

Selain itu, penjelasan mengenai hal-hal yang terkait dengan KUHP ini juga dibahas. Pun dengan sejarah KUHP di Indonesia sejak masa sebelum penjajahan sampai dengan sekarang.

Buku ini benar-benar bermanfaat bagi siapapun yang ingin mengetahui dan paham mengenai KUHP dan KUHAP di Indonesia. Bagi pembaca yang ingin mendalami lagi serta menjadi lebih paham mengenai hukum pidana di Indonesia, buku ini sangat cocok untuk Anda. Penjelasan yang tidak rumit dan detail yang menyertakan penjelasan lebih lanjut membuat buku ini cocok bagi awam seperti saya.

Tiga hati buat juteknya Aira~

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s