Dewasa · Park Mi Youn · Penerbit Haru · Punya Sendiri · Review 2016 · Review Buku · Romance · Secret Santa 2015

Review: Perfect Match – Park Mi Youn

Judul: Perfect Match

Pengarang: Park Mi Youn

Jumlah Halaman: 390 halaman

Terbit: November 2015

Penerbit: Haru

 

Sinopsis:

“Tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa cinta itu tak berharga.”
-Wanita yang percaya adanya cinta, Jung Eun Su, anak bungsu Presiden Direktur Jung.

“Aku tidak punya orang yang kucintai. Sampai kapan pun, sepertinya aku tidak akan pernah bisa mencintai seseorang.”
-Pria yang tak pernah memulai cinta, Kim Hyuk Jun, penerus Grup Sinsung.

Keduanya dijodohkan dan perjodohan tersebut diharapkan bisa memperkuat posisi kedua perusahaan yang sedang dilanda krisis.
Keduanya jatuh ke dalam perasaan yang paling tak sempurna, paling tak dapat dipercaya.
Cinta kedua orang tersebut pun dimulai. Apakah hal itu merupakan sebuah keberuntungan atau kesialan?
Benarkah yang mereka rasakan itu cinta?

***

Tema perjodohan mungkin sudah sangat sering dibahas dalam novel romance. Walaupun begitu, aku tetap penasaran dengan perjodohan macam apa yang akan dilalui oleh kedua tokoh utama. Maka pada akhirnya, aku memasukkan novel ini ke dalam wishlist-ku.

Tiga hari setelah aku menerima novel ini, aku langsung membacanya. Sempat agak-agak bingung menghapal nama tokoh dan mengingatnya. Maklum deh, ini salah satu kendala kalau baca novel Jepang atau Korea. Kadang sampai harus nebak juga si ini itu laki-laki atau perempuan, hahaha.

Jadi, Perfect Match menceritakan tentang Hyuk Jun dan Eun Su, dua orang yang dijodohkan dengan berbuntut kepada urusan bisnis. Seperti biasa, perjodohan akan selalu identik dengan bagaimana proses kedua tokohnya yang tadinya sama-sama asing hingga bisa jadi saling mencintai.

Hyuk Jun sebelum bertemu dengan Eun Su punya masa lalu yang bisa dikatakan sulit. Sebelumnya, ia pernah memiliki hubungan dengan Ji Hyun, yang telah meninggal lima tahun sebelum Hyuk Jun bertemu dengan Eun Su. Di saat-saat terakhir hidupnya, Ji Hyun mampu membuat Hyuk Jun berjanji untuk hidup tanpa mencintai seseorang.

Dengan masa lalu yang seperti itu, mengikuti perjodohan di saat ini bukanlah hal yang mudah bagi Hyuk Jun. Ada beberapa pihak yang tak menginginkannya atas dasar janji yang pernah dibuat Hyuk Jun kepada Ji Hyun dan atas dasar apa yang pernah ia lakukan di masa lalu.

Apakah keputusan Hyuk Jun sudah bijak untuk tetap datang bertemu dan berkenalan dengan Eun Su—yang nyatanya juga adalah adik dari teman dekatnya?

***

Oke, sebelumnya aku mau mengucapkan terima kasih kepada Santa-ku atas bukunya. Makasiiiih. *kecup basah*

Sayangnya, aku sepertinya terlalu berekspektasi tinggi dengan novel ini.

Setelah melewati masalah mengingat-dan-memahami-nama-masing-masing-tokoh, aku dihadapkan pada alur yang sangaaaat lambat. Sumpah, agak capek gitu bacanya. Kok berasa ceritanya nggak maju-maju, ya?

Di bab 1-2, aku masih agak bisa enjoy dengan ceritanya. Ada beberapa kutipan yang sempat kutandai. Namun setelahnya, aku selalu goyah saat bacanya. Makanya butuh sebulan lebih untuk baca Perfect Match, karena disela beberapa novel dulu.

Sejak awal pembaca dicekoki dengan banyak cerita mengenai tokoh-tokoh pendukung novel ini. Membuatku pusing karena belum juga paham tentang masalah tokoh utama—bahkan namanya!—tapi aku sudah dihadapkan pada masalah dari tokoh lain—yang namanya juga belum kuingat!

*anaknya payah dalam menghafal nama*

Masih banyak kalimat yang sepertinya agak … apa, ya? Kaku? Rancu? Ck, nggak kutandain pula. Maksudku, ada beberapa kalimat yang sulit dimengerti olehku. Susunan katanya agak sedikit sulit dipahami. Membuatku mengerutkan kening selama beberapa saat sampai akhirnya mendapatkan pencerahan.

Dunno why, baru kali ini nggak suka sama salah satu dari novel-novel K-Iyagi. Padahal novel penulis sebelumnya After D-100 adalah salah satu K-Iyagi favoritku lho. Ya, walaupun dua-duanya sama-sama punya konflik yang rumit dan cenderung muter-muter, After D-100 masih bisa dicerna dengan baik.

Untuk Perfect Match, aku bahkan nggak bisa relate sama tokoh-tokohnya dan memutuskan aku nggak menjadi penggila siapa pun cowok keren di novel ini. #meh

bintang 2

Aku agak kecewa dengan novel ini, jadi ya menurutku dua bintang adalah jumlah yang tepat untuk Perfect Match. Semoga novel penulis selanjutnya bisa kembali mengikat pembacanya seperti di After D-100 dulu.

 

***

Terlepas dari kekecewaanku, aku tetap senang. Hahaha. Namanya juga dapet kado ya.

Nah, kali ini kado dari Santa-ku nggak dikirim lewat JNE atau jasa ekspedisi lainnya. Tapi dititipin ke Mbak A.S Dewi yang istrinya Adam Levine itu. Hihihi. Sempet kaget dan langsung excited gitu. Aku udah nyolek-nyolek Mbak Dewi nanya siapa Santanya, eh nggak dikasih tau. #yaiyalah

Menurutku riddle-nya susaaaah. Wkwkwk. Aku udah minta penerangan dari yang lain, tapi tetep aja masih suram. Nanya di grup WA Bajay Jabo, eh malah banyakan yang ngaku jadi Santa-ku. -_- Bikin makin bingung kan, hihihi.

20151226_135704.jpg

Akhirnya, setelah mendapat penerangan dan pencerahan (?) dari Kak Opat, aku mulai merangkai jawaban dari petunjuk yang telah diberikan.

  1. Katanya dateng ke IRF 2015 dan kalau aku dateng, kemungkinan ketemu sama dia. Nah, langsung dong aku liat foto-foto anak BBI di IRF dan ngeabsen siapa aja yang dateng. Lalu siapa aja yang nggak kenal sama aku, karena dia bilang dia cuma pernah denger tentang aku. Kemudian dicurigai bahwa Santa-ku bukan anak Jabo. Berarti bisa anak Joglo atau angkot Bandung (eh bener nggak ya namanya? XD)
  2. Setelah menemukan beberapa orang yang bisa dicurigai, akhirnya bikin daftarnya dan cek sosial media mereka satu per satu. Mana yang katanya aku dan dia nggak saling follow.
  3. Setelah ketemu nama-nama yang paling mencurigakan di antara yang mencurigakan (?) akhirnya daftar semakin menyusut. Lalu mencocokkan lagi ke clue tentang tempat asalnya. Hm, makin syusyaaah.
  4. Diskusi sama Kak Opat dan bagaimana pendapat doski tentang siapa Santa-ku. Tahun depan bikin jasa mecahin riddle ajalah, Kak.

 

Setelah melakukan semua hal di atas selama berhari-hari, pada akhirnya aku mencurigai … Kak Mekar A. Pradipta sebagai Santa-ku di event Secret Santa 2015 ini.

Astaga, aku takut salaaaah. Wkwkwk. Tapi ya udahlah ya, semoga tebakanku bener kali ini. Kalau salah ya … namanya juga main tebak-tebakan. Kalau langsung bener semua dikira dosen pake kunci jawaban. :’) #ehgimana

christmas background black and white

 

 

 

https://constantfun-a.akamaihd.net/ConstantFun/cr?t=BLFF&g=ac55dde8-da9b-4709-b8d6-e634f31ed879

Iklan

10 thoughts on “Review: Perfect Match – Park Mi Youn

  1. Muahahahaha….kamu kenapa ndak mikir aku santamu sih? Kan bisa aja aku jadi kurir sekaligus santa.
    Aku sedih ini belum ada yg nuduh aku jadi santanya (.__.)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s