Orange Books · Pinjeman · Review 2016 · Review Buku · Romance · Teen Fiction · Wendelin Van Draanen

Review: Flipped – Wendelin Van Draanen

Flipped

Judul: Flipped

Pengarang:  Wendelin Van Draanen,

Jumlah Halaman: 272 halaman

Terbit: Agustus 2011

Penerbit: Orange Books

Sinopsis:

Juli: Pertama kali bertemu Bryce Loski, aku jungkir balik. Sungguh, seperti orang gila. Pasti karena matanya. Ada sesuatu di matanya.

Bryce: Apa ya cara yang tepat mengusir Juli? Bagaimana cara terbaik mengatakan padanya, “Juli, kamu tuh bukan tipeku?”

♥♥♥

Juli Baker sangat yakin akan tiga hal: keajaiban pohon—terutama pohon sikamor kesayangannya, kebaikan telur ayam, dan suatu saat ia dapat mencuri hati Bryce Loski. Sayangnya, Bryce tidak memiliki perasaan yang sama. Baginya, Juli adalah gadis yang aneh. Kalau bukan aneh, gadis macam apakah yang sangat gemar memelihara ayam dan duduk berlama-lama di atas pohon?

Namun, keadaan terbalik saat mereka menapak remaja. Bryce mulai melihat keanehan dan kebanggaan Juli terhadap keluarganya sebagai hal yang hebat. Sebaliknya, Juli berpikir mata Bryce yang dikaguminya itu kosong dan tak berarti apapun lagi.

Flipped bukan sekadar kisah cinta yang manis, tapi juga kisah tentang memandang orang dari sisi siapa mereka sesungguhnya, bukan dari sisi bagaimana penampilan mereka.

♥♥♥

Bryce menganggap Juli adalah cewek aneh, dengan pohon sikamor jeleknya, dengan anak ayam yang menetas di pameran sains sekolahnya, dengan telur-telur yang ia bawakan setiap pagi untuk keluarganya.

Bagi Bryce, Juli adalah bencana. Cewek itu tidak mudah menyerah. Entah apa yang membuatnya bertahun-tahun menguntit Bryce. Dan itu menyeramkan! Demi menghindari Juli, Bryce sengaja mendekati Shelly karena ia tahu bahwa Juli sangat tidak menyukai Shelly. Namun, rencana tersebut tak terlalu berjalan mulus rupanya.

Ada sesuatu di mata Bryce! Juli suka matanya, apalagi saat sinar matahari seolah menyinari Bryce dengan tepat di saat pertama kali mereka bertemu dan resmi bertetangga. Saat itu juga, Bryce Loski si tetangga barunya itu sukses mengalihkan dunia Juliana Baker.

Bagi Juli, Bryce sangat menggemaskan dan seringkali malu-malu. Juli selalu berusaha untuk bisa dekat dengan Bryce. Saat Shelly—cewek yang sangat tidak disukai Juli—mendekati Bryce, Juli langsung bertindak untuk menyelamatkan Bryce. Pasti cowok itu tersiksa di dekat cewek berotak kosong itu!

♥♥♥

Jadi, aku termasuk orang yang terlambat tahu tentang buku ini. Aku tahu ini ketika di-mention di Twitter dan disuruh googling, lalu akhirnya baca bareng.

Flipped menyajikan kisah cinta yang maniiiiis menurutku. Ketika mulai membaca, aku jadi susah berhenti dan sampai begadang, hahaha. Di sini kita akan bertemu dengan Juliana Baker yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Bryan Loski—yang merasakan sebaliknya.

Ini bukan kisah cinta yang jatuh cinta pada pandangan pertama-berkenalan-saling naksir-jadian-lalu the end. Ini kisah cinta sepihak, hahaha. Cinta monyet Juli ini hadir pada saat Bryce hadir sebagai tetangga barunya. Aku suka dengan hadirnya sudut pandang Juli dan Bryce dalam novel ini.

Saat Juli bercerita, kita akan dibuatnya tersenyum dan tertawa kecil. Kita akan melihat bagaimana tampannya Bryce di mata Juli dan segala macam hal pada diri Bryce yang membuatnya naksir berat.

Saat Bryce bercerita, kita akan dibuatnya terpingkal-pingkal karena usahanya menghindari Juli. Dan mungkin juga sedikit jengkel karena di perjalanan kisah ini, Bryce menjadi sangat menyebalkan.

Namun, Flipped tidak hanya menyajikan kisah cinta monyet ini saja. Aku suka dengan seimbangnya porsi cerita keluarga mereka di sini. Yang paling membuatku tertawa adalah ketika kakak-kakak Juli mencari nama untuk band mereka (dan ya ampun, nama bandnya nggak ada yang bener!) juga dengan ular boa mereka. Hahahaha.

Di beberapa bagian, aku sempat menangis juga. Menangis di jam dua pagi dan karena novel, untung nggak ketahuan Mama. XD Di bagian Juli mengunjungi Paman David dan saat Chet menceritakan tentang istrinya yang punya semangat mirip dengan Juli, itu mengharukan, hiks.

Juga saat bagian telur, itu bagian yang paling-paling aku ingat. Karena mengharukan dan menyebalkan. Ini membuatku menangis tapi rasanya pengin nonjok Bryce juga. *emosinya keluar* *mantan preman*

Aku sampai nggak menandai quotes favoritku karena lebih memilih untuk lanjut baca terus. Hihihi. Lewat Flipped, aku percaya bahwa semua orang bisa berubah dan menjadi lebih dewasa. Seperti Juli yang jadi agak lebih ‘kalem’ dengan perasaannya terhadap Bryce setelah ditimpa berbagai kejadian. Seperti Bryce yang akhirnya menyadari bagaimana perasaannya dan berhenti menolak perasaan itu setelah mau ‘membuka mata’ terhadap sosok Juli yang sebenarnya.

Well, akhirnya aku nggak keberatan sama sekali untuk ngasih 4 bintang! By the way, terjemahannya beda banget dengan terjemahan novel lain yang pernah kubaca. Benar-benar ringan dan … apa ya? Jadi kayak novel Indonesia banget gitu. *ngikutin gaya terjemahannya*

bintang 4
4 bintang buat Mystery Pisser x))))

♥♥♥

jejen

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s